Candi Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno



1. Candi Borobudur
Candi Borobudur merupakan candi Budha terbesar yang ada di Indonesia.Terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Candi dibuat oleh penganut ajaran Budha Mahayan ketika masa kekuasaan Wangsa Syailendra pada abad ke-8 Masehi. Pada bagian atas Candi Borobudur terdapat 3 halaman lua yang berbentuk melingkar. Pada dinding bangunan ditempeli relief yang jumlahnya mencapai 2.672  bingkai dan terdapat 504 arca budha di atasnya. Pada bagian tengah terdapat stupa raksasa yang di dalamnya terdapat arca Budha yang duduk bersila dengan sikap teratai sempurna dengan mudra (posisi tangan) Dharmachakra mudra (memutar roda dharma).

2. Candi Arjuna Berbeda dengan candi Sewu yang bercorak budha, candi Arjuna sendiri adalah candi yang bercorak Hindu. Candi Arjuna dibangun pada abad 9 Masehi dan Letaknya candi ini berada di Dataran tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Indonesia. Selain candi Arjuna di daerah tersebut juga ada candi lainnya seperti Candi semar, Srikandi, Puntadewa, dan candi Sembadra.

3. Candi Bima
Terletak di daerah Dataran Tinggi Dieng tepatnya di Banjarnegara, Jawa Tengah.
Dibangun pada abad sekitar 7 sampai abad ke 13 Masehi. Candi ini bercorak Hindu, makanya desainnya pada umumnya terdapat kesamaan dengan candi yang ada di negara India. Karakteristik dari candi Bima adalah atapnya hampir sama dengan shikara dan bermodelkan mangkok yang di telungkupkan. dan di di bagian atas terdapat arca Kudu.

4.  Candi Sewu
Merupakan candi terbesar kedua di Jawa tengah setelah candi Borobudur yang bercorak budha dibangun sekitar abad 8 Masehi. Lokasinya berada di  desa Bugisan, kecamatan Prambanan, kabupaten klaten, Jawa tengah. Candi ini letaknya berdekatan dengan candi Prambanan yang jarak kedua candi tersebut hanya sekitar 800 Meter.


5. Candi Mendut
Selain candi Borobudur, Candi mendut juga termasuk candi yang bercorak Budha. Letaknya sama dengan candi Borobudur yaitu daerah Magelang, Jawa Tengah. Candi Mendut tersebut dibuat pada tahun 800-an Masehi ketika dinasti Syailendra berkuasa tepatnya dibawah kekuasaannya Raja Indra.
Di sekitar dindingnya terdapat banyak sekali jenis relief diantaranya adalah Brahmana, Hewan Angsa dan Kura-kura, Dharmabuddhi dan Dustabuddhi, dan 2 burung betet.

6. Candi Pawon
Candi Pawon bercorak Budha yang terletak di Brojonalan, Wanurejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Lokasinya berda di antara Candi Mendut dan Candi Borobudur. Jaraknya dari Borobudur sekitar 1,75 kilomter dan dari Mendut hanya 1,15 kilometer.

7. Candi Sari
Candi bercorak Budah yang berlokasi di  Dusun Bendan , Desa Tirtamartani , Kecamatan Kalasan , Kabupaten Sleman , Yogyakarta. Dahulu candi dimanfaatkan sebagai biara yang menjadi tempat bertapa dan belajar para biksu. Diperkirakan bangunan ini telah ada sejak abad ke 8 yaitu semasa kekuasaan raja Rakai Panangkaran. Pada bgian atap candi terdapat 9 buah stupa yang tersusun berjajar dalam 3 deret. Pada bagian dalam Candi Sari terdapat ruangan bertingkat dua yang kemungkinan yang dipakai sebagai tempat bertapa para biksu.

8. Candi Gedong Songo
Candi Gedong Songo merupakan sebuah Kompleks Percandian yang lokasinya berada di Jalan Palagan, Jubelan, Semarang, Jawa Tengah. Dalam kompleks percandian ini terdapat 9 buah candi, dari situlah nama Gedong Songo berasal. Candi dibuat pada tahun 927 masehi pada masa Raja Wangsa Syailendra. Selian itu candi ini terletak pada ketinggian 1.200 meter. Sehingga juga menyugguhkan sebuah pemandangan alam yang begitu indah.

Sumber:
http://informazone.com
https://hidupsimpel.com